5 Penyebab Muncul Benjolan di Payudara

5 Penyebab Muncul Benjolan di Payudara

Wanita bisa mendapati benjolan di payudara mereka dalam beberapa kondisi. Benjolan tersebut bukan berarti kanker. Beberapa faktor bisa menyebabkan timbulnya benjolan, bahkan terkadang tidak menimbulkan rasa sakit. Penyebab timbul benjolan ada lima, berikut info lengkapnya.

  1. Payudara dalam Kondisi Padat

Payudara merupakan kumpulan jaringan ikat dan jaringan lemak. Sering kali Anda mengira payudara mendapati benjolan, padahal hanya padat. Bisa jadi payudara Anda memiliki lebih banyak jaringan ikat sehingga nampak lebih padat. Hal inilah yang membuat sulit membedakan benjolan biasa dan kanker dengan program tradisional.

Anda tidak bisa mengetahui apakah benjolan tersebut lama atau baru serta apakah benjolan tersebut berbahaya atau tidak. Agar bisa mengetahui hal ini secara mendalam harus dengan pemeriksaan medis yang detail. Intinya, jika payudara keras bukan berarti benjolan, bisa jadi hanya padat.

  1. Tumor

Penyebab terdapat benjolan di payudara wanita selanjutnya yaitu bisa jadi tumor. Penyakit ini sering menyerang wanita yang berusia 20 hingga 30 tahun. Fibroadenoma atau tumor yang masih jinak sering kali memiliki bentuk halus seperti karet dan berbentuk seperti marmer. Tumor jinak memang tidak berbahaya tetapi jika terus tumbuh besar akan jadi masalah serius.

  1. Kista

Hal lain yang menjadi penyebab payudara terasa keras yaitu kista. Penyakit ini merupakan jaringan fibrosa yang padat bentuknya hampir menyerupai jaringan ligamen dan jaringan parut. Kista berbentuk bulat dan bisa bergerak berupa benjolan yang berisi cairan. Biasanya kista diderita wanita berusia 40 tahun.

Kista juga bisa membesar setiap mendekati periode haid Anda. Namun penyakit ini bukanlah disebabkan oleh haid. Anda bisa mengurangi kista dengan membatasi mengonsumsi kafein dan nikotin karena bisa memicu membesarnya payudara.

  1. Haid

Menstruasi atau haid sering membuat tambah buruk semua keadaan jaringan payudara Anda. Haid ini juga bisa menyebabkan payudara membengkak dan sering membuatnya berbeda. Benjolan yang terasa pada siklus haid ini akan terasa sering membesar. Hal ini dikarenakan hormon yang membuat cairan berlebih di bagian dada.

  1. Gumpalan Darah

Benjolan yang ada di payudara bisa juga disebabkan oleh adanya pembekuan darah pada pembuluh darah di bawah kulit. Kondisi ini tergolong langka dan dapat mempengaruhi salah satu pembuluh darah di payudara dan ini paling sering berada di bawah puting payudara.

Anda bisa jadi merasakan adanya goresan menonjol yang terasa sakit saat diraba atau ditekan. Hal ini juga bisa dipicu oleh trauma pada daerah payudara atau olahraga yang terlalu berat, bahkan memakai bra yang ketat. Gumpalan ini akan menghilang dengan sendirinya jadi Anda tidak perlu khawatir.

Banyak hal yang menjadi penyebab benjolan di payudara. Anda sebaiknya mengetahui satu per satu penyebabnya agar tidak panik terlebih dulu setelah mendapati payudara seperti ada benjolan. Hal ini juga berguna agar Anda bisa mengambil langkah tepat dalam menangani benjolan tersebut.

shares