5 Makanan yang Bikin Anda Rindu ke Bandung

5 Makanan yang Bikin Anda Rindu ke Bandung

Kota yang ada di bilangan Jawa Barat ini bukan sekadar tujuan wisata favorit banyak orang. Bandung juga merupakan kota yang selalu dirindukan, baik oleh mereka yang pernah tinggal di sana, memang tumbuh besar di sana, atau sekadar pernah berwisata dan mencicipi kenikmatan kulinernya.

Sudah tentu berkunjung ke kota ini akan membuat Anda mendapatkan dua kebahagiaan sekaligus, yakni liburan nikmat dan kerinduan yang terpuaskan karena bisa kembali menikmati segala hal tentang Bandung. Terutama cita rasa kuliner yang tidak ada duanya.

Bila Anda ingin kembali ke Bandung termasuk mudah pada sekarang ini. Namun, Anda bisa menggunakan pesawat untuk perjalanan yang butuh waktu cepat dan jangan lupa untuk selalu mengecek status penerbangan Anda, atau bisa juga travel bis yang jauh lebih murah.

Satu hal yang tidak boleh dilupakan, sesampainya di Bandung, jangan lupa untuk segera kembali mencicipi makanan yang membuat Anda rindu pada kota ini.

  1. Cuanki Serayu

Cuanki sudah pasti termasuk makanan yang sanggup membuat Anda rindu pada Bandung. Bentuknnya mirip dengan bakso. Begitu pula kuah hingga penyajiannya. Namun cuanki punya cita rasa berbeda karena menggunakan kuah dari ikan.

Cuanki yang paling banyak direkomendasikan di Bandung adalah Cuanki Serayu yang ada di Jalan Serayu No. 2, Cihapit. Biasanya Cuanki Serayu buka mulai jam 11 siang. Datanglah ke sini bila Anda merindukan Cuanki.

  1. Colenak

Siapapun yang tinggal cukup lama di Bandung pasti pernah mendengar atau malah sering memakan Colenak. Ini adalah salah satu makanan khas Bandung yang legendaris. Bahan bakunya berupa peuyeum (tape kering) yang dibakar kemudian disiram dengan campuran gula merah cair dan parutan kelapa.

Namun sekarang Colenak sudah banyak dimodifikasi. Bumbunya bukan hanya gula merah dan parutan kelapa saja, tapi juga bisa dengan tambahan nangka atau durian. Bila kembali ke Bandung, mungkin Anda bukan cuma memuaskan rindu pada Colenak, tapi juga menemukan petualangan baru dalam macam-macam modifikasi rasanya.

  1. Mie Kocok Bandung

Saat ke Bandung dulu, mungkin Anda pernah mencoba mie kocok dan begitu terpikat padanya. Bila kembali ke kota ini, sudah pasti harus mencari mie kocok yang memang khas. Sesuai dengan namanya, mie ini dibuat dengan cara dikocok atau diaduk sebelum disajikan. Bahannya terdiri atas mie, aneka sayuran seperti toge, dan kikil sapi.

Mie kocok termasuk mudah ditemukan di Bandung. Biasanya Anda akan menemukan mie ini dijajakan oleh pedagang kaki lima menggunakan gerobak seperti bakso/mie ayam.

Selain itu ada juga yang mangkal atau berupa rumah makan. Dari sekian banyak mie kocok di Bandung, beberapa yang direkomendasikan antara lain Mie Kocok Mang Dadeng di Jl. Kyai Haji Ahmad Dahlan, Mie Kocok Pak Enco di depan Kartika Sari Kebon Kawung serta Mie Kocok Gakil di Jl. Dago. Datanglah ke sini bila Anda merindukan Mie Kocok Bandung.

  1. Batagor Bandung

Anda yang sudah pernah mencoba batagor Bandung, biasanya akan begitu terpikat dan tidak menemukan rasa serupa di kota lain. Karena itu ketika kembali ke kota ini, Anda kemungkinan akan mencari dan memakannya.

Salah satu batagor yang enak dan begitu terkenal di Bandung adalah Batagor Hanjuang. Konon, batagor yang satu ini menggunakan resep yang sama secara turun temurun sejak 1990. Lokasinya cukup mudah ditemukan, yakni berada di Jalan Astina, Cicendo, tepat di depan rumah makan Anugerah.

  1. Lumpia basah

Lumpia basah pastinya sudah tak asing lagi di lidah Anda yang pernah tinggal di Bandung dan sekitarnya. Apalagi di Kota Parahiangan itu jajanan ini seringkali dijumpai di gerobak pinggiran jalan dan kedai-kedai penjual makanan kecil. Rasanya pun enak, dan membuatmu selalu menginginkannya lagi.

Kalau belum pernah mencobanya, mungkin Anda tidak terbayang. Di sini, lumpia basah benar-benar berbeda dari lumpia yang biasa ditemui di kota lain. Lumpia basah dibuat menggunakan kulit lumpia, tumisan tauge, rebung dan telur yang diorak-arik. Kemudian bumbunya berupa paduan khas rasa gurih, pedas lada, serta manisnya gula merah.

Salah satu lumpia basah yang bakal membuatmu rindu untuk kembali ke Bandung adalah Lumpia Basah ITB. Sesuai namanya, Lumpia Basah ITB berlokasi persis di dekat pintu gerbang Kampus ITB, di Jalan Ganesha No 10, Kota Bandung.

Jadi apakah Anda sudah siap untuk kembali ke Bandung?

shares